Timlo Solo

Timlo Solo

Jika Yogyakarta memiliki wisata kuliner andalan gudeg jogja, Kudus dengan sotonya, dan Surabaya dengan lontong balapnya, Solo tentu juga memiliki makanan khas sendiri yang spesial yaitu Timlo Solo. Di Solo, ada beberapa penjual Timlo yang cukup populer yaitu Timlo Sastro Balong. Kuliner yang satu ini wajib untuk Anda cicipi saat Anda sedang berburu kuliner di Solo. Timlo Sastro ini sudah terkenal sejak buka pada tahun 1952. Timlo Sastro ini terletak di salah satu sudut pasar Kotagede yaitu pasar kota gede timur 1-2.

Rumah makan timlo solo ini namanya memang sudah dikenal luas oleh warga sekitar Solo serta para wisatawan. Oleh sebab itu tidak heran jika Rumah Makan Timlo Sstro ini selalu dipadati oleh pengunjung yang juga ingin menikmati lezatnya timlo Solo. Begitu sampai di sini jika sudah ada kursi kosomg seabaiknya Anda lngsung menempatinya karena sistem tempat duduk sini adalah siapa cepat dia dapat. Di sana, Anda dapat mencoba nasi Timlo Sastro Balong komplit yang menjadi andalan menu di restoran ini. Walaupun suasana di rumah makan ini cenderung ramai, Anda tidak perlu khawatir soal penyajiannya karena penyajiannya relatif cepat. Satu porsi sastro komplit Balong hanya terdiri dari telur pindang, potongan hati ampela, sosis solo, dan telur pindang yang dilengkapi dengan kuah yang bening.

Sosis khas Solo ini tidak sama dengan sosis pada umumnya yang berbentuk pnjang dan bulat. Sebenarnya, sosis Solo ini justru terlihat seperti telur dadar. Sementara itu, rasa timlo sendiri sangat gurih dan segar. Agar rasa timlo lebih nikmati, Anda bisa menyajikannya dengan kecap di atas meja. Di tengah-tengah rumah makan yang penuh penuh dan sesaknya suasana di Rumak Makan Timlo Sastra, para pengunjung akan dihibur dengan layanan live streaming, campur sari, dan musik keroncong. Jika Anda lebih fokus sedikit terhadap musik keroncong tersebut sambil menikmati lezatya timlso sastro, maka dijamin semua hiruk pikuk dan kegaduhan di tempat ini tidak akan terasa.

Rumah makan ini hanya menyajikan menu timlo tetapi dengan penyajian yang cukup beragam untuk memenuhi selera masing-masing tamu. Ada rempelo ati kuah, telur sosi, sosis rempelo ati, rempelo ati, teluar kuah, nasi timlo, dan sosis kuah. Anda tinggal memilih menu tersebut sesuai dengan selera. Namun, kebanyakan tamu yang datang ke rumah makan ini biasanya akan memesan Timlo Komplit. Timlo Komplit ini ditawarkan dengan harga Rp 14 ribu saja. Harga ini belum termasuk nasi putih yang dihargai Rp 3 ribu per porsi. Warung makan timlo ini biasanya sudah buka sejak pukul 06.30 pagi sampai pukul 15.30 WIB setiap harinya. Jadi jika Anda sedang berlibur ke Solo, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi kelezatan Timlo Sastro Balong ini yang merupakan salah satu kuliner Indonesia.

partner iklan