Tips Membuat Tumis Sawi Yang Enak

tumis sawi

tumis sawi

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang sedikit berasa pahit meskipun dimasak menjadi tumis sawi . Untuk itu kali ini saya akan memberikan tips pada anda bagaimana mengolah sawi yang benar agar rasa pahitnya tidak terasa kuat. Pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat tumisannya yang terdiri dari sawi, bawang merah, bawang putih, cabe merah dan lengkuas. Untuk mengolah bumbunya bisa dengan diiris atau dihaluskan sesuai selera anda.

 

Cara membuatnya pertama panaskan minyak kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Jika sudah tercium aroma wangi dari bumbunya masukan sawinya perlahan kemudian bumbu penyedap rasa, garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk hingga rata kemudian angkat jangan sampai terlalu masak agar kandungan vitamin dalam sawinya tidak berkurang. Hidangkan dalam piring selagi panas untuk santapan anda dan keluarga.

Untuk mengurangi rasa pahit dari sawinya anda bisa menaburi tumisan sawi tersebut dengan irisan bawang putih yang telah digoreng. Bawang putih goreng memiliki rasa yang sedikit gurih sehingga dapat membuat rasa pahit dari sawinya tersamarkan. Biasanya anak-anak yang lebih sensitif jika ada rasa masakan pahit sehingga cara ini bisa menjadi solusi bagi mereka. Dengan rasa tumisan yang enak maka mereka juga akan menyantap masakan ini dengan lahap.

Tumis sawi terbuat dari bahan dasar sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan serat yang baik bagi tubuh. Sehingga tidak heran aturan untuk memasaknya juga tidak boleh lama cukup 10 hingga 15 menit untuk menjaga kualitas vitaminnya. Selain kandungan vitamin ada juga khasiat lain yang istimewa dari jenis sayuran ini yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga selain baik untuk anak-anak masakan ini juga baik dikonsumsi oleh  para orang tua yang terkena kolesterol.

partner iklan