Tengkleng Solo

tengkleng solo

Solo memang gudangnya kuliner. Di kota ini, beragam makanan khas yang menggugah selera dapat dengan mudah Anda jumpai dan rasakan. Sebut saja menu-menu khas seperti Nasi Liwet, Selat, atau Cabuk Rambak. Rasanya yang khas dan menggugah selera tak ayal membuat para penikmatnya ketagihan. Menu khas lain yang terkenal adalah Tengkleng Solo. Tengkleng pada dasarnya kuliner berbahan dasar tulang belulang kambing. Meskipun hanya berbahan dasar tulang belulang, resep turun temurun serta kepiawaian sang koki dapat membuat kuliner ini menjadi sangat istimewa.

Sekilas kuliner ini memang hampir sama dengan gulai kambing. Namun ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya. Tengkleng tidak dimasak dengan santan oleh karena itu kadar kolesterol tengkleng memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Cara memasaknya pun sederhana. Tengkleng berisikan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk serta kayu manis dan biji pala yang telah dihaluskan. Bumbu tersebut ditumis yang kemudian ditambahkan air serta tulang kambing yang akan dijadikan Tengkleng.

Tengkleng pun dibiarkan masak hingga mendidih. Selain tulang kambing, saat ini juga banyak yang menambahkan sedikit daging bahkan jeroan agar memiliki variasi. Tengkleng selesai dimasak hingga air mendidih dan wangi harum tercium dari aroma bumbu yang dimasak. Biasanya dibutuhkan waktu sekita 1 hingga 2 jam untuk membuat kuliner ini. Menyajikan Tengkleng biasanya bersama nasi putih yang masih mengepul. Kaldu kambing yang berpadu sempurna dengan kuah dan berbagai bumbu menjadi kunci cita rasa kuliner ini. Para penikmatnya pun tak jarang becucuran keringat saat menikmati kuliner yang satu ini. Kombinasi rasa gurih, asin, pedas akan menjadi surga dilidah Anda.

Aroma Tengkleng yang kuat dan khas dengan rempah Indonesia akan terus memikat Anda mencicipi kuliner ini meskipun keringat bercucuran. Padanan nasi putih yang masih mengepul semakin menambah sensasi nikmat dari kuliner khas Solo yang satu ini. Tidak heran masyarakat Solo menjadikan kuliner ini sebagai primadona dan referensi kuliner di kota tersebut. Sebagai salah satu kekayaan kuliner Indonesia, Tengkleng memang patut dibanggakan. Tidak hanya rasa yang khas dan lezat. Resep yang diwariskan secara turun temurun merupakan simbol kreativitas serta kepiawaian para leluhur yang begitu menghargai dan memanfaatkan alam nusantara. Tengkleng juga menjadi bukti bahwa Indonesia begitu kaya akan warisan kuliner Indonesia yang bercita rasa fantastis.

partner iklan