Bubur Manado

Selain terkenal dengan eksotisme pemandangan taman lautnya, Manado menyimpan beragam kuliner unik yang sangat menarik untuk dicicipi. Salah satunya adalah bubur Manado yang memiliki cita rasa tersendiri dan berbeda dengan bubur pada umumnya. Bagi Anda pecinta kuliner bercita rasa pedas, bubur Manado bisa jadi merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya sajian yang satu ini memang dikenal dengan citarasa yang ekstra pedas. Bubur Manado ini adalah masakan khas orang orang Sulawesi Utara yang nikmat untuk dihidangkan pada pagi hari.

Kuliner bubur Manado ini pada dasarnya memiliki bahan dasar yang sama dengan bubur pada umumnya yakni beras. Namun bedanya, bubur ini dicampur dengan jagung. Oleh karena itu memiliki warna kuning. Jagungnya pun tidak akan terasa karena sudah sangat halus dan menyatu dengan bubur. Selain itu, bubur Manado ini memiliki keunikan lain yakni toping yang berupa sayur-sayuran. Dalam bubur ini terdapat toping kangkung dan daun kemangi. Tak jarang juga ditambah dengan daun labu. Tampilannya yang unik dan kental menghasilkan sensasi tersendiri dengan lunaknya sayur-sayuran. Bubur ini juga ditemani dengan ikan jambal roti yang telah digoreng atau ikan asin.

Menikmati bubur Manado ini memang akan terasa nikmat saat pagi hari dan ketika bubur masih panas. Namun, bagi Anda yang tidak suka dengan cita rasa pedas, ada baiknya Anda berpikir dua kali sebelum menyantapnya. Karena bubur ini memang terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Cita rasa ini pula yang menjadi rahasia dapur bubur Manado ini. Meskipun cenderung sama, namun bubur manado ini menggunakan bumbu masak yang lebih banyak dan lebih royal ketimbang kuliner serupa lainnya. sebagai perbandingan, bumbu yang digunakan bisa sampai 2 atau 3 kali lebih banyak daripada masakan serupa dari daerah lain.

Disamping itu, variasi bumbu yang digunakan juga memiliki karakteristik serupa yakni pedas seperti cabai rawit, jahe, kunyit dan lain-lain. Semua bumbu tersebut dicampur menjadi satu bagian bumbu dengan cabai merah. Cita rasa yang dihasilkan tentu saja pedas. Namun akan terasa sensasi segar yang berasal dari ikan dan juga sayur sebagai topingnya. Untuk menikmati kuliner ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu berkeliling sekitar 10 menit di kota Manado. Hal tersebut karena kuliner bubur Manado ini selalu menjadi primadona di provinsi ini. Selain itu harganya pun tidak terlalu mahal tergantung lokasi tempat Anda makan, bubur ini juga merupakan salah satu kuliner Indonesia.

partner iklan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>