Galendo Makanan Khas Ciamis

Jawa barat dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya akan makanan tradisional dan kini akan menghadirkan jajanan khas dari ciamis yang bernama galendo. Meski sudah bermunculan di sejumlah daerah, galendo asli Ciamis tetap punya keistimewaan tersendiri di lidah konsumen. Di banyuwangi jajanan ini di sebut dengan blondo, tetapi di sana blondo tidak di kembangkan sebagai sebuah jajanan komersil dan hanya di nikmati secara terbatas.

Jajanan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat. Dahulu untuk bisa mencicipi nikmatnya galendo, orang harus membeli langsung ke rumah-rumah penduduk penghasil galendo. Belakangan, galendo sudah tersedia di sejumlah supermarket dengan kemasan yang menawan. Ya, mirip seperti kemasan dodol Garut.

Jajanan khas ciamis ini enak dinikmati bersama secangkir teh panas atau kopi pahit, apalagi jika di cocolkan dengan gula putih, wuih mantap. Harga Galendo bervariasi dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per bungkus tergantung besar kecilnya dan juga tentunya kualitas dari Galendo itu sendiri. Seiring perkembangan zaman, kini galendo memiliki cita rasa yang berbeda-beda untuk menambah rasa nikmat, seperti rasa coklat, dan Strawberry.

Tapi tetap saja untuk menikmati cita rasa yang beda lebih baik jika dibuat dan dimakan di kota asalnya. Perajin galendo di Ciamis mempunyai trik sendiri agar galendo bisa dijadikan makanan Indonesia yang menarik, bahannya tak hanya ampas pembuatan minyak kelapa, tapi juga dicampur cokelat, rasa stroberi, dan bahan lain. Ukuran kemasan juga dibuat berbeda-beda. Dengan upaya itulah, kelas galendo bisa naik dan nangkring di supermarket.

partner iklan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>