Sate Susu

Selama ini bali kita kenal sebagai salahsatu provinsi di indonesia yang agama terbesarnya adalah hindu dan islam hanya menjadi salahsatu agama minoritas, tetapi jangan dikira saat bulan ramadan seperti sekarang ini di bali tidak akan kita temukan keramaian yang berhubungan dengan ramadan. Salahsatu keramaian ramadan yang bisa kita temukan adalah pasar sore ramadan yang terletak di kampung jawa dan makanan paling di cari disana adalah sate susu yang memang menjadi makanan khas kampung jawa terutama saat ramadan.

Bagi masyarakat muslim Bali, makanan yang selalu menjadi buruan sebagai hidangan buka puasa adalah sate susu. Selain karena nikmat, sate susu ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama bulan puasa. Mungkin buat kita yang baru pertama mendengar nama makanan ini akan sedikit bingung, susu kok di buat sate. Yang dimaksud sate susu adalah sate yang terbuat dari bahan utama daging kantung susu sapi yang dimasak, diiris kecil-kecil diberi bumbu ragi dan dibakar diatas tungku.

Walaupun terkesan tidak umum, sate susu ini selalu menjadi menu berbuka favorit yang paling diburu warga setiap ramadhan dan menjadi makanan khas warga muslim di Bali saat bulan puasa. Jadi saat anda sedang berada di bali dan bertepatan dengan bulan ramadan maka tidak ada salahnya anda ke kampung jawa dan menikmati kuliner unik ini.

Sate susu ini rasanya tidak seperti sate yang banyak kita temukan di jawa atau dimana-mana seperti sate madura atau sate klatak yang ada di jogja. Selain karena bahan dasar yang di gunakan berbeda, bumbu dan cara memasaknya juga berbeda. Dan karena sate susu ini berada di kampung jawa yang memang mayoritas penduduknya berasal dari jawa maka bisa dibilang rasa sate susu ini adalah perpaduan masakan jawa dan bali.

partner iklan
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>