Cita Rasa Ayam Taliwang

kuliner khas lombok

Saat berkunjung ke Pulau Lombok, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan yang satu ini. Ayam taliwang, salah satu kuliner khas Lombok yang jangan sampai Anda lewatkan. Salah satu rumah makan di Lombok yang terkenal dengan ayam taliwang adalah rumah makan 2M. Rumah makan yang terletak di Jalan Transmigrasi 99 Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini terkenal dengan cita rasa ayam taliwang yang lezat.

Ayam Taliwang sepertinya sudah jadi ikon khas Lombok, makanan ini sangat sering diburu orang. Ayam berbumbu pedas ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Oleh karena itulah masyarakat Lombok menyebutnya Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang adalah makan khas Lombok-Nusatenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti pelecing kangkung.

ayam taliwang

ayam taliwang

Uniknya, ayam digunakan sebagai bahan dasar kuliner ini adalah ayam kampung muda yang baru berusia 3-5 bulan. Ukurannya pun mungil seperti burung puyuh, tapi rasanya menggigit, apalagi bumbu pedasnya. Kuliner pusaka negeri ini sudah sangat terkenal di Indonesia, di Jakarta sendiri, sudah banyak resto-resto yang menyajikan menu Ayam Taliwang. Jika ingin membuat Ayam Taliwang sendiri di rumah, berikut ini resepnya. Ayam taliwang di rumah makan ini memiliki rasa manis yang nikmat. Daging ayamnya berasal dari ayam yang masih muda. Selain itu, saat dibakar, ayam yang sudah diberi bumbu-bumbu khas Lombok ini juga dilumuri madu.

Kuliner yang sering disebut ayam muda bercinta ini disajikan dengan nasi hangat dan sambal. Paduan bumbu, madu, dan sambal membuat sensasi menyantap ayam taliwang terasa lebih nikmat. Bagi pecinta sambal, di rumah makan ini lidah Anda akan dimanjakan dengan sambal yang pedasnya terasa hingga ke tenggorokan.

Selain ayam taliwang, Anda juga bisa mencoba menu lainnya yang tidak kalah nikmat. Plencing kangkung menjadi sajian pendamping yang nikmat bagi ayam taliwang. Kangkung yang direbus beserta taoge dan diberi bumbu kacang beserta bubuk kelapa berwarna cokelat muda ini terasa begitu nikmat. Taburan kacang tanah goreng membuat nuansa cita rasa plencing kangkung lebih kaya. Apalagi, porsinya yang tidak begitu banyak membuat makanan ini terasa pas sebagai teman menyantap ayam taliwang.

Berbicara mengenai wisata kuliner di Indonesia tak pernah ada habisnya. Hampir di setiap sudut kota selalu ada tujuan kuliner yang menarik dan sayang untuk kita lewatkan. Baik itu kota – kota besar seperti ibukota jakarta, ibukota provinsi dan kota – kecil lainnya. Indonesia dengan sejuta rempah-rempahnya yang menyebar di seluruh tanah air ini, telah menghasilkan beragam  jenis makanan dan masakan yang telah menyerap ke lidah masyarakat indonesia. Masakan daerah seperti masakan padang, soto madura, gudeg, dan masih banyak lagi kuliner indonesia yang tersebar merata hampir ke seluruh pelosok negeri.

partner iklan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>